(Asian Games 2018) Sumbang 8 Medali

Bendera Merah Putih berkibar di tiang tertinggi.
Bendera Merah Putih berkibar di tiang tertinggi. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Cabang olahraga bulutangkis berhasil menyumbangkan delapan medali untuk kontingen Indonesia di ajang Asian Games 2018. Dua medali emas, dua perak dan empat perunggu sukses disabet Kevin Sanjaya cs. Dengan hasil ini, cabang bulutangkis berhasil memenuhi target yang diharapkan Indonesia.

Selain itu, sumbangan medali ini pun lantas melampaui target perolehan medali emas yang diincar kontingen Indonesia dalam gelaran Asian Games 2018, yakni 16 keping emas. Sampai berita ini diturunkan, Indonesia masih bertahan diurutan keempat klasemen dengan total raihan sementara 26 emas, 20 perak dan 32 perunggu.

Dua medali emas cabang bulutangkis dipersembahkan tunggal putra Jonatan Christie dan ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Sementara medali perak disumbangkan pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang tampil di nomor perorangan dan tim putra Indonesia yang turun di nomor beregu.

Sedangkan tim beregu putri, Anthony Sinisuka Ginting, Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir harus berbangga hati mempersembahkan empat medali perunggu untuk kontingen Tanah Air.

Untuk cabang olahraga bulutangkis sendiri, capaian ini lebih baik dari Asian Games Incheon 2014 lalu dengan raihan empat medali yang terdiri dari dua emas, satu perak dan satu perunggu.

"Hasil ini melebihi target emas, di ganda putra pun melebihi target. Buat saya, di ganda putra tidak ada yang juara satu juara dua. Mereka berempat lah juaranya. Walaupun sesama pemain Indonesia tapi daya juang dan semangatnya luar biasa," kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Susy Susanti.

Susy juga mengapresiasi penampilan dari sektor lain, seperti tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung yang tampil cukup baik di nomor beregu. Gregoria mengalahkan pemain-pemain top seperti Akane Yamaguchi, Jepang dan Sung Ji Hyun dari Korea.

"Semua sektor cukup baik, mereka bisa menampilkan permainan terbaik mereka. Meskipun secara prestasi belum bisa kasih medali, khususnya Gregoria, namun dia bisa mengalahkan unggulan. Untuk tunggal putra, sebetulnya belum ada target juara, justru di ganda putra dan ganda campuran," ungkapnya.

Terimakasih bulutangkis Indonesia, kalian terlah berjuang dan memberikan yang terbaik untuk Merah-Putih. Dan selamat untuk para perah medali di Asian Games 2018. Indonesia akan selalu mendukung perjuangan kalian.