(China Open Superseries Premier 2017) Ini Peluang Anthony & Jonatan di China Open

World Superseries Premier ‐ Created by AH

Dua pebulutangkis tunggal putra Indonesia penghuni Pelatnas PBSI Cipayung, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie, kembali akan unjuk gigi di arena pertandingan. kali ini pada ajang China Open Superseries Premier 2017 yang akan dimulai besok, Selasa (14/11) hingga Minggu (19/11) kedua pemain muda Merah Putih itu akan uji kebolehannya.

Pada ajang China Open Superseries Premier kali ini, undian sedikit "menyeramkan" harus langsung diterima oleh Anthony dan Jonatan. Pasalnya, mereka akan berhadapan langsung dengan lawan berat di babak pertama.

Jonatan langsung ditantang Lin Dan, Tiongkok, sementara Anthony dengan Ng Ka Long Angus dari Hongkong. Jika masing-masing mampu menaklukkan lawannya, Jonatan dan Anthony akan bertemu di babak dua.

Dilihat dari rekor pertemuannya, Jonatan masih tertinggal 1-3 dari Lin Dan. Pertemuan terakhir mereka terjadi di Autralian Open 2017 lalu, dimana Jonatan kalah dua game langsung dengan 14-21 dan 19-21.

Kalau persiapannya sudah oke. Dari segi teknik, fisik segala macam sudah oke. Tapi kalau untuk ketemu Lin Dan atau siapapun, harus tetap optimis dulu. Di samping kita perlu lihat dan pelajari style permainan Lin Dan. Apalagi dia tuan rumah, jadi tidak gampang. Rekornya bagus, standarnya juga bagus. Jadi mesti balik ke Jonatan lagi, harus lebih percaya diri. Bukan menjadi beban, tapi menjadi kesempatan. Ini perlu perjuangan, tapi saya optimis, minimal dia bisa melewati dengan cara berpikirnya, strategi bermain, bukan dari menang kalahnya,” kata Hendry Saputra seperti di rilis Humas PBSI, Senin (13/11).

Meski begitu, Hendry tak menampik jika Jonatan masih memiliki peluang untuk menang. Asalkan anak didiknya tersebut bisa tampil bagus menghadapi Lin Dan.

Untuk Jonatan kalau main normal peluangnya fifty-fifty, untuk menangnya nggak gampang. Tapi kalau dia bisa main bagus, kemungkinan besar untuk menang ada. Selalu harus tetap optimis. Turnamen di Tiongkok dan Hong Kong ini termasuk ujian buat mereka,” ujar Hendry.

Jonatan harus lebih safe dan ulet, ini penting. Supaya kemudian bisa mengatur strategi permainannya di lapangan. Persiapannya yang maksimal ada delapan hari. Harus cukup, mau tidak mau,” kata Hendry lagi.

Sementara itu, rekor pertemuan Anthony dengan Ng saat ini tertinggal tipis 2-3. Namun pada pertamuan terakhirnya di Korea Open 2017, Anthony menang dua game langsung dengan 21-18 dan 21-18.

Kalau Anthony ketemu Ng Ka Long, rekornya menang kalah. Ini semua dikembalikan kepada kepercayaan dirinya. Dari kemarin di Perancis, Anthony sempat kena cedera, tapi sekarang sudah jauh lebih baik. Mudah-mudahan nanti mainnya bisa lebih jelas, dengan kondisi sekarang dan situasi yang nggak sama. Karena ini baru pertama kali ia turun di China Open. Biasanya kalau pertama-tama masih terganggu dari segi mental,” jelas Hendry.

Selain Anthony dan Jonatan, pemain senior profesional, Sony Dwi Kuncoro juga dipastikan tampil di turnamen ini. Namun sebelumnya, Sony harus lebih dulu melewati babak kualifikasi, melawan Kenta Nishimoto, Jepang.

China Open Superseries Premier 2017 berlangsung pada 14-19 November 2017 di Haixia Olympic Sports Center, Fuzhou, Tiongkok. Turnamen ini memperebutkan total hadiah sebesar 700 ribu US dollar.