(French Open) Rinov/Pitha Melangkah ke 16 Besar

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Indonesia) menghadang serangan.
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Indonesia) menghadang serangan. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Satu tempat di babak 16 besar French Open 2019 BWF World Tour Super 750 berhasil diamankan ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari lewat kemenangan dua game langsung atas pasangan Jepang, Kohei Gondo/Ayane Kurihara. Bertanding di Paris Coubertin Stadium, Perancis, Selasa (22/10), dalam durasi 36 menit, Rinov/Pitha menang dengan skor 21-15 dan 21-14.

Selain memastikan langkahnya ke babak dua French Open 2019 BWF World Tour Super 750, kemenangan ini juga sekaligus memperbaiki catatan pertemuan antara Rinov/Pitha dan Gondo/Kurihara menjadi imbang 1-1. Pada perjumpaan sebelumnya di ajang Akita Masters 2018 BWF Tour Super 100, Rinov/Pitha kalah dengan skor 17-21, 21-19 dan 15-21.

“Kita sudah pernah ketemu sebelumnya, jadi kurang lebih sudah tahu permainan mereka. Terus kemarin juga sudah lihat video pertandingannya. Walaupun menang, tapi secara keseluruhan saya merasa hari ini mainnya belum maksimal,” kata Pitha Haningtyas Mentari usai bertanding.

“Intinya siapa yang lebih siap di lapangan itu yang menang. Karena kalau pertandingan level atas ini, yang diutamakan adalah fokusnya,” sambar Rinov Rivaldy menambahkan.

Selain Rinov/Pitha, sektor ganda campuran Indonesia juga sudah meloloskan pasangan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja ke babak dua French Open 2019 BWF World Tour Super 750. Selanjutnya di 16 besar nanti, Rinov/Pitha akan berhadapan dengan pasangan Malaysia, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing.

Ini akan menjadi pertemuan keempat bagi kedua pasangan. Dari tiga pertemuan sebelumnya, Rinov/Pitha tercatat untuk sementara unggul 2-1 atas Tan/Lai. “Kita sudah pernah berhadapan dengan mereka. Mereka juga mungkin sudah hapal permainan kita. Tapi kita berusaha untuk mempersiapkan strategi baru lagi,” tutur Rinov.

Sementara itu, ganda campuran Indonesia masih memiliki dua wakil yang belum bertanding di babak pertama, yakni pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow. Keduanya baru akan bertanding, besok (23/10).

Praveen/Melati akan berhadapan dengan ganda campuran Hong Kong, Tang Chun Man/Tse Ying Suet. Sedangkan Tontowi/Winny bakal berjumpa pasangan Denmark, Mathias Christiansen/Alexandra Boje.