Malaysia Masters 2022 - Jojo: Wasit Kurang Tegas

Jonatan Christie (Humas PP PBSI)
Jonatan Christie (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Kuala Lumpur | Raut kecewa tampak jelas di wajah Jonatan Christie usai menelan kekalahan menyakitkan dari Wang Tzu Wei asal Taiwan di babak pertama Malaysia Masters 2022. Berlaga di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Rabu (6/7) malam, Jojo kandas 21-16, 18-21, 25-27 dalam pertarungan 93 menit. Jojo mampu menguasai pertandingan kali ini. Namun, sejumlah keputusan perangkat pertandingan membuat fokusnya buyar, terutama di poin-poin akhir gim penentuan.

Yang paling kentara adalah saat Jojo yang sudah unggul match point 20-18 mengarahkan kok ke sisi kiri pertahanan yang tidak bisa dijangkau Wang Tzu Wei. Kok itu dinyatakan masuk oleh hakim garis, tapi dikoreksi wasit menjadi keluar.

"Secara permainan saya merasa semua sudah oke tadi. Tetapi memang ada beberapa keputusan perangkat pertandingan yang saya rasa merugikan saya. Wasit agak kurang tegas," ujar Jojo, sambil tertunduk.

"Seperti misalnya lawan beberapa kali mengulur waktu secara tidak wajar, tapi tidak pernah diperingatkan. Lalu ada beberapa keputusan hakim garis yang kurang tepat, juga keputusan wasit yang meng-overrule keputusan hakim garis yang menurut saya keliru. Ini yang membuat saya agak kesal dan kecewa. Sebenarnya saya coba untuk tetap main fokus, tapi ya hasilnya tidak sesuai dengan keinginan. Belum rezeki," jelas Jojo, dalam siaran pers Humas PP PBSI.

Kendati kalah, Jojo tidak ingin berlarut-larut dalam kesedihan. Ia tetap mengambil sisi positif dari hasil ini dan segera menatap turnamen selanjutnya.

"Tapi kembali lagi apapun itu harus tetap bersyukur, yang tadi juga adalah bagian dari pertandingan. Walau hasilnya tidak menggembirakan karena saya kalah di babak pertama, tapi positifnya mungkin saya bisa rehat sejenak sambil menyiapkan fokus dan tenaga untuk kembali bertarung di Singapore Open minggu depan," demikian Jojo.