Tim Thomas-Uber Siap Hadapi Kualifikasi

Internasional ‐ Created by BAZ

JAKARTA - Tim Thomas Indonesia diuntungkan bergabung dengan Korea Selatan dan Maladewa drawing, tapi tidak dengan tim Uber. Namun, skuad Merah Putih siap hadapi kualifikasi di Hyderabad, India15-22 Februari 2016.

Di bagian putra, Indonesia sebenarnya berada di posisi aman dengan menempati peringkat tiga dunia. Sekalipun gagal ke semifinal, tim putra masih bisa memanfaatkan posisi dunianya untuk lolos ke putaran final di Kunshan, Tiongkok.

Berada di Grup MC tim Thomas Indonesia bergabung bersama Taiwan, Thailand, dan Maladewa. Kendati terkesan mudah, Taiwan jadi lawan yang cukup diwaspadai Hendra Setiawan selaku kapten tim dan kawan-kawan. 

"Hasil undian Tim Thomas  cukup menarik karena kita bergabung dengan Taiwan dan Thailand yang punya pemain cukup kuat. Namun kami yakin masih bisa mengatasi mereka secara kekuatan tim dan bisa menjadi juara grup," kata Ahmad Budiharto Chief de Mission (CdM) Tim Thomas Uber Indonesia saat konferensi pers di Pelatnas PBSI Cipayung, Rabu (3/2).

Di sisi lain, pemain tunggal putra peringkat delapan dunia, Tommy Sugiarto juga diberikan kesempatan tampil sebagai skuad Tim Thomas Merah Putih.  Per Rabu (3/2), Tommy resmi bergabung di tim dan menjalani latihan di Cipayung.

Tampil untuk keempat kalinya di Piala Thomas sejak 2010, Tommy tak kaget meski keberadaannya di tim terbilang baru. Dia juga tidak kagok kembali ke pelatnas yang telah dia tinggalkan sejak kurang lebih setahun lalu. 

"Terima kasih ke PBSI telah mempercayai saya untuk memperkuat tim Thomas Indonesia. Saya akan berusaha membayar kepercayaan itu sebaik mungkin semampu saya," sebut Tommy. 

Beda halnya dengan tim putri, dari lima slot yang disediakan, Indonesia harus berjuang keras untuk menembus babak semifinal demi satu tiket ke putaran final. Indonesia bergabung bersama Korea Selatan dan Maladewa di grup WC dengan peluang realistis lolos sebagai juara grup cukup sulit. 

Hingga ini peringkat dunia tim putri Merah Putih masih kalah dibandingkan Korea Selatan, Thailand dan India yang masih berada di lima besar dunia. Sedangkan Indonesia berada di peringkat enam dunia, sehingga tak bisa berharap banyak pada perubahan peringkat terbaru 18 Februari mendatang. 

"Kalau hanya sampai di perempat final dan mengandalkan ranking dunia, sulit bagi tim putri bisa lolos," ujar Budi.

 

Foto: @INABadminton