(Jelang Olimpiade Rio 2016) Ahsan Terinspirasi Ricky/Rexy

Mohammad Ahsan
Mohammad Ahsan / Hendra Setiawan
Nasional ‐ Created by RYN

Mohammad Ahsan mengaku ingin mengikuti jejak seniornya, Ricky Achmad Soebagja/Rexy Mainaky yang sukses menggondol emas di Olimpiade Atlanta 1996. Ahsan yang berpasangan dengan Hendra setiawan di nomor ganda putra itu berharap dapat memetik gelar di Olimpiade Rio 2016.

"Saya melihat prestasi senior-senior dulu yang sering juara, rasanya jadi pengen juara juga seperti mereka. Bukan cuma Ricky/Rexy, tetapi pemain di sekyor tunggal juga," ungkap Ahsan.

Olimpiade Rio de Janeiro 2016 akan menjadi Olimpiade kedua bagi Ahsan. Sebelumnya, Ahsan pernah membela merah putih di Olimpiade London 2012 saat masih berpasangan dengan Bona Septano.

"Saya banyak belajar dari hasil Olimpiade empat tahun lalu. Walaupun tidak dapat medali, tetapi saya tidak menyerah. Saya berharap bisa mendapat hasil yang lebih baik di Rio," paparnya.

Sukses mewujudkan mimpi menjadi juara dunia di tahun 2013, kini Ahsan bersiap mengejar target selanjutnya, yaitu juara Olimpiade. Apalagi Olimpiade merupakan turnamen langka yang hanya digelar empat tahun sekali.

"Gelar juara dunia sudah menjadi impian saya sejak kecil. Tetapi medali emas olimpiade adalah incaran semua atlet bulutangkis," sahutnya.

Sebagai ganda putra terbaik Indonesia, Ahsan/Hendra menjadi salah satu ujung tombak merah putih. Pasangan peringkat dua dunia itu diharapkan mampu mempersembahkan emas Olimpiade.

"Kami selalu ditargetkan menjadi juara sehingga kami sudah terbiasa dengan hal ini. Tekanan itu saya jadikan motivasi untuk memberikan penampilan terbaik," kata Ahsan.

Ketika ditanya mengenai kemungkinan Olimpiade Rio 2016 menjadi Olimpiade terakhirnya, Ahsan menjawab santai.

"Empat tahun lagi masih lama, jadi belum terpikir. Saya ingin memikirkan yang dekat-dekat dulu saja, yang jauh-jauh nanti saja dipikirkan lagi," pungkasnya sembari tertawa.