Vita Marissa: Regenerasi Ada di Remaja dan Taruna

Sirkuit Nasional ‐ Created by

Prestasi bulutangkis Indonesia di sektor putri masih minim sehingga perlu peningkatan regenerasi bibit atlet putri bulutangkis Indonesia yang sempat jaya di tahun 90-an itu.

Vita Marissa, pebulutangkis senior Indonesia pun ikut berkomentar, menurutnya bibit atlet putri masih menjanjikan, khususnya di kelompok remaja dan taruna.

"Regenerasi itu ada di kelompok remaja dan taruna. Kalo liat Sirnas, pantau di dua kelompok ini bisa kelihatan siapa calon-calon pemain yang bisa naik nantinya," ujar Vita.

Kemampuan para atlet muda harus diarahkan dengan baik agar kelak mumpuni menjadi ujung tombak kejayaan bulutangkis Indonesia. Salah satunya adalah dengan memperbanyak kesempatan mengecap pengalaman bertanding baik di luar maupun dalam negeri karena dengan demikian fisik dan mental para atlet mudah dapat terasah.

Menurut Variella Aprilsasi, pasangan Vita di nomor ganda putri, bibit-bibit atlet putri saat ini sudah lebih baik. Hal ini terlihat dari raihan prestasi atlet putri junior mereka di kancah internasional. Salah satunya adalah all Indonesia final di Maldives Open 2013 yang dimenangkan Maretha Dea Giovani/Melvira Oklamona.

"Bibit ganda putri sekarang lebih oke, sudah ada perbaikan," sahutnya.

Vita/Variella sendiri menjadi pasangan pejuang untuk membangkitkan kejayaan bulutangkis Indonesia khususnya di nomor ganda putri. Usai meraih gelar juara ketiga mereka di Djarum Sirkuit Nasional (Sirnas) Yogyakarta Open 2013, mereka bersiap-siap untuk mengikuti kejuaraan China dan Hongkong Open Super Series yang dimulai pekan depan. Sebelumnya, duet Variella/Vita pada turnamen Australia Grand Prix Gold, April lalu, sukses mengharumkan nama Indonesia di mata dunia. Saat itu, Variella/Vita berhasil membawa pulang gelar juara.