Lebih Dekat Dengan Piala Suhandinata - Part 2 (Habis)

World Junior Championship ‐ Created by RR

Jika pada artikel sebelumnya kita sudah sedikit membahas sosok Suharso Suhandinata. Pada artikel ini kita akan membahas tentang makna dibalik setiap simbol serta ornamen yang terukir pada Piala Suhandinata. Mulai dari bagian atas hingga bagian bawah piala yang mungkin masih belum banyak diketahui oleh khalayak umum.

Piala Suhandinata Cup terbuat dari perak berlapis emas dengan berat sekitar enam kilogram dan tinggi 80 sentimeter sebagai lambang prestasi juara. Piala Suhandinata merupakan hasil karya Yose Sulawu, alumnus ISI Yogyakarta. Yose Sulawu terpilih menjadi perancang Piala Suhandinata lewat sebuah sayembara. Sementara pembuatan Piala Suhandinata dilakukan oleh seniman asal Ubud, Bali, Rumi Gallery.

Bentuk dasar piala merupakan kombinasi dari bola dunia dan shuttle cock dengan ornamen khas Bali. Bali dipilih sebagai identitas Piala Suhandinata karena darah Bali mengalir pada keluarga Suhandinata. Di samping itu, Bali telah dikenal dunia. Piala Suhandinata terdiri dari beberapa bagian dengan ornamen yang sarat makna yang akan kita bahas satu persatu dibawah ini.

1. Puncak Piala

Pada bagian puncak piala terdapat patung Garuda Wisnu Kencana, yang melambangkan keberanian serta fair play. Suharso Suhandinata sendirilah yang meminta agar Garuda Wisnu Kencana menjadi bagian dari Piala Suhandinata.

2. Penutup Piala

Tepat dibawah patung Garuda Wisnu Kencana ada bola dunia yang menjadi penutup piala. Bola dunia melambangkan Piala Suhandinata yang diperebutkan pada turnamen tingkat dunia. Sedangkan ornamen api di sekeliling bola dunia melambangkan semangat untuk menjadi yang terbaik dan semangat dalam pertandingan bulutangkis itu sendiri.

3. Leher Piala

Pada bagian leher piala terdapat ornamen berbentuk bulu shuttle cock yang melambangkan olahraga bulutangkis. Jumlah bulu shuttlecock pada piala tersebut sebanyak delapan yang melambangkan delapan arah mata angin dunia sekaligus menandakan olahraga bulutangkis dimainkan di seluruh dunia.

4. Pegangan Piala

Bentuk pegangan piala yang menyerupai jabatan tangan melambangkan persahabatan antar negara dan atlet di dunia. Bagian atas pegangan piala memiliki bentuk yang diambil dari ornamen telinga topeng Barong, topeng khas Pulau Dewata Bali.

5. Badan Piala

Jika dilihat dengan seksama pada bagian badan piala terdapat gambar Suharso Suhandinata. Gambar Suharso Suhandinata terdapat dalam bingkai berbentuk kepala shuttle cock dan persis di bawahnya terdapat teks “Suhandinata Cup”. Keduanya menunjukkan identitas dari Piala Suhandinata itu sendiri.

6. Bawah Piala

Pada bagian bawah piala, pegangan piala bersatu dengan ornamen bunga kamboja, bunga yang identik dengan Bali. Kuncup bunga melambangkan atlet-atlet junior yang bertanding memperebutkan Piala Suhandinata. Serta ornamen khas Bali menghiasi bagian dasar piala menambah satu lagi identitas Bali yang melekat pada Piala Suhandinata.